Nama Sifat - Sifat Allah Bagain 2

Posted by Gery tian on Friday, November 23, 2012

Nama Sifat - Sifat Allah - Kemarin saya sudah mengulas  Iman Kepada Allah SWT dan beberapa nama  sifat -  sifat Allah , dan sekarang saya akan melanjutkan apa saja nama sifat - sifat Allah SWT tersebut.

Nama sifat  Allah yang ke empat yaitu Mukhalafatu lil hawaditsi artinya tidak sama dengan yang baru.
Mustahil jika Allah bersifat Mumatsalatu lil hawaditsi - serupa dengan yang baru. Allah adalah Dzat yang Maha Pencipta, tidak mungkin sama dengan apa yang diciptakannya dan tidak ada satupun yang dapat menyamainya. Sebagaimana firman Allah SWT:

tidak ada suatu pun yang serupa dengan Dia, dan dialah uang Maha Mendengar lagi Maha melihat. (Q.S Assy Syura 11).

Sifat - Sifat Allah yang ke lima yaitu Qiyaamuuhu binafsihi  artinya berdiri sendiri.
Mustahil jika Allah bersifat Ihtiya juhu ila ghairi artinya bergantung  kepada orang lain. Allah menciptakan segala sesuatu tanpa bantuan dari siapa -siapa pun dan tanpa dipengaruhi oleh siapapun.
Sebagaimana Firman-Nya:
Dialah Allah tidak ada tuhan melainkan Dia yang Hidup lagi berdiri sendiri. (QS. Ali Imran 21).

Sifat Allah yang ke Enam yaitu Wahdaniyah artinya Maha Esa
Mustahil jika Allah itu bersifat Ta'addud artinya berbilang (lebih dari satu). Allah adalah Tuhan yang Maha Esa, tiada sesuatu pun yang dapat menyamainya , baik Dzat-nya, sifatnya maupun perbuatannya. Mustahil Tuhan itu lebih dari satu. Jika Tuhan itu lebih dari satu, maka akan terjadi kerusakan di alam semesta alam ini, karena masing - masing mempunyai kehendak yang berlainan antara Tuhan yang satu dengan Tuhan yang lain. Sebagaimana Firman-Nya:
Katakan-lah:"Dialah Allah yang Maha Esa (QS. Al Ikhlas 1).

Sifat - sifat Allah yang tujuh yaitu Qudrat artinya Maha Kuasa
Mustahil jika Allah bersifat 'Ajzuu artinya lemah. Segala sesuatu yang ada di dunia ini berada dalam kekuasaan Allah. Kekuasaanya tiada batas dan tidak ada sesuatu pun yang menyamai kekuasannya. Jadi mustahil jika Allah itu bersifat lemah atau tidak berkuasa. Sebagaimana firman-nya:
Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS. Al Bawarah 20).

Nama sifat Allah  yang kedelapan Iradah artinya Maha Berkehendak
Mustahil jika ALLAH bersifat Karahah artinya terpaksa. Allah SWt. Menciptakan alam beserta isinya ini atas kehendak dan kemamuan ALLAH sendiri, Oleh Sebab itu mustahil jika Allah itu bersifat terpaksa atau dipaksa orang lain. Sebagaimana Firman-Nya:

Perintahnya apabila Dia menghendaki sesuatu hanya dengan berkata kepadanya:"Jadilah!" maka jadilah ia. (QS. Yasin 82).

Sifat - sifat Allah yang kesembilan Ilmu artinya Maha Mengetahui
Mustahil Jika Allah bersifat Jahlu artinya bodoh. Allah Maha terhadap segala apa yang telah terjadi dimasa yang akan datang. Sebagaiman Firman-Nya:
Allah Maha mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan Allah Maha mengetahui terhadap segala sesuatu (QS. AL Hujarat 16).
Sifat - sifat Allah yang ke sepuluh Hayat artinya Maha Hidup
Mustahil jika Allah bersifat Maut artinya Mati. Allah adalah Dzat Pencipta yang mengatur, pemelihara serta penentu atas jalannya kehidupan di alam semesta. Allah tidak pernah tidur, tidak punya rasa kantuk tidak memiliki sifat lupa serta kekal adanya dan tidak akan pernah binasa. Sebagaimana Firmannya:

Dialah Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Hidup, Kekal lagi terus menerus mengurus makhluknya, tidak mengantuk dan tidak tidur, kepunyaan-Nya apa yang ada dilangit dan dibumi.(QS. AL Baqarah 255).


 Sifat - sifat Allah yang ke sebelas  Sama artinya Maha Mendengar
Mustahil jika Allah bersifat Sha-mamun -Tuli.

Allah Maha mendengar terhadap segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Pendengaran Allah tidak teratasi oleh waktu dan tempat, tidak ada sesuatu pun yang luput dan Pendengarnya. Sebagaimana Firman-Nya:
  Dan Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui (QS. Al - Maidah 76).

Nama Sifat - Sifat Allah yang ke Duabelas Bashar artinya Maha Melihat
Mustahil jika Allah bersifat Umyun artinya Buta. Allah adalah Dzat yang Maha Melihat terhadap segala sesuatu yang terjadi. Penglihatan Allah sangat tajam dan tak terbatas tanpa memerlukan  alat, tiada segala sesuatu yang bisa lepas dari PenghilatanNya. Sebagaimana Friman-nya:

Sesungguhnya Dia(Allah) Maha Melihar Terhadap segala sesuatu (QS. Al mulk 19 ).

Nama Sifat - Sifat Allah yang ketigabelas Kalam artinya Maha Berfirman
Mustahil jika Allah bersifat  Bukmum - Bisu. Kalam Allah Diberikan kepada siapa saja yang dikendakinya. Allah memberikan kalamnnya kepada para Nabi dan Rasul berupa Wahyu. Sebagaimana Firman Allah :
Dan Allah telah berfirman kepada Musa dengan Lansung. (QS. An Nisa'164).

Untuk Nama Sifat - Sifat Allah berikutnya ditunggunya...

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment