Iman Kepada Allah SWT

Iman Kepada Allah SWT - Selamat datang di blog Berbagi Informasi Oya Bagaimana kabar kalian ? Oya dan hari ini saya akan berbagi artikel mengenai Iman Kepada Allah SWT

Iman Kepada Allah SWT

Iman kepada Allah SWT,  Sebelumnya kita sudah membahas tentang Rukun Iman, dan sesuai janji saya yang akan menjelaskan tentang Rukun iman yang pertama yaitu Iman Kepada Allah SWT akan saya jelaskan dibawah ini.

Iman kepada Allah SWT  berarti bahwa Allah Maha Besar, Maha Kuasa dan patut disembah dan ditaati dengan sepenuh hati. Kita percaya bahwa Allah itu ada, hidup dengan tidak berpermulaan dan tidak berkesudahan, Allah Maha Esa yang artinya tunggal tidak ada yang menyerupai. Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui segala yang nyata. Maupun yang tersembunyi, bahkan baru berniatpun sudah diketahuinya.

Sifat Wajib, Mustahil dan Sifat jaiz bagi Allah


Allah mempunyai sifat - sifat baik yang harus ada pada Dzat Allah dan mustahil jika Allah tidak memiliki sifat - sifat tersebut. Sifat wajib adalah lawan dari sifat mustahil. Bagi orang mukmin, ada 20 sifat wajib allah dan 20 sifat mustahil bagi Allah yang harus diketahui, diantara adalah sebagai berikut:

  • Wujud artinya ada, mustahil jika Allah berifat Adam-tidak ada.
Alam semesta beserta isinya pasti ada yang menciptakannya dan yang menciptakan adalah Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya didalam kitab suci alqur'an sebagai berikut:
Dan tidak ada tuhan selain allah (Q.S Ali imran 62).
Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa. Tidak Ada Tuhan melainkan Dia (Q.S Al Bawarah 163)

  • Qidam  artinya terdahulu, mustahil jika Allah bersifat Hudus - baru
Allah Maha Dahulu dan tiada permulaan. Apabila adanya Allah ada permualaan, berarti Dia itu baru, jika dia baru pasti ada yang menciptakannya. Oleh karena itu mustahil jika Allah itu bersifat hudus. Sebagaimana Firman Allah SWT:
Dialah yang Maha Awal dan yang Maha Akhir (QS. Al hadid 3)

  • Baqa artiya kekal, mustahil jika Allah bersifat Fana - rusak
Allah telah menciptakan alam semesta beserta isinya, maka alam semesta itu mempunyai permulaan yang kelak pasti akan berakhir yaitu ketika Hari Kiamat datang. Alam semesta beserta seluruh isinya akan mengalami kehancuran. Tetapi  Dzat Allah tetap kekal dan tidak akan mengalami kehancuran atau kerusakan. Sebagaimana Firman Allah SWT

Semua yang ada di bumi itu akan binasa, dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemulyaan. (Q.S Ar Rahman 26-27).


Untuk Sifat - sifat allah yang lainnya , saya akan jelaskan pada artikel berikutnya. Dan  saya berterima kasih pada pembaca artikel Iman kepada Allah SWT ini. 

Ok terima kasih , semoga artikel Iman Kepada Allah SWT
ini bisa membantu kamu, dan sebagai tanda terima kasih, bantu sebarkan artikel ini siapa tau artikel Iman Kepada Allah SWT ini bisa bermanfaat atau artikel yg dicari temen kamu.

Iman Kepada Allah SWT Iman Kepada Allah SWT Reviewed by 1 on 6:39 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.