Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi

Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi - Selamat datang di blog Berbagi Informasi Oya Bagaimana kabar kalian ? Oya dan hari ini saya akan berbagi artikel mengenai Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi

Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi

Kemarin saya sudah memberikan artikel mengenai resiko berbisnis cabai karena harga jatuh, dan sesuai janji om-gery untuk membahas tips memperoleh harga jual cabai yang tinggi hari ini. Silahkan disimak dibawah ini.

  • Tentukan Waktu Tanam yang Tepat
Berdasarkan beberapa pengalaman petani  di desa om-gery, harga cabai akan melonjak saat menjelang hari raya Idul Fitri, Idul adha, Natal, dan tahun baru. Pasalnya, konsumsi cabai sebagai bumbu masakan pada momen tersebut sangat tinggi. Apalagi, jika momen tersebut jatuh pada musim hujan. Sebab, banyak petani yang gagal panen atau produksinya berkurang sehingga cabai semakin sulit dicari di pasar.

  • Tanam Cabai pada Musim Hujan
Umumnya, petani enggan menanam cabai pada musim hujan karena tingkat serangan penyakit dan kegagalan panen cukup tinggi. Selain itu, biaya perawatan serta pengendalian hama dan penyakit menjadi cukup tingg. Karena itu, bertanam cabai pada musim hujan membuka peluang yang besar bagi yang memiliki pengetahuan cukup mengenai teknik budidaya agrobisnis cabai pada musim hujan.

  • Jangan Tanam Cabai Secara Bersamaan
Sebaiknya, jangan menanam cabai secara bersamaan dalam satu blok hamparan. Tujuannya, untuk menghindari terjadinya kelebihan pasokan cabai ke pasar. Dengan demikian, diharapkan harga cabai akan tetap stabil dan tidak turun drastis. Misalnya, untuk lahan seluas satu hektare, lakukan penanaman secara bertahap, per 2.500 m2 dengan selisih waktu satu bulan. Hasilnya, rentang waktu panen akan lebih panjang dan produksi berlansung terus menerus. Kemungkinan harga rendah pun bisa dihindari.

  • Cari Pangsa Pasar dengan Harga Jual Stabil
Untuk menghindari turunnya harga, cari pangsa pasar dengan harga jual cabai yang aman. Caranya, jual cabai ke industri dengan sistem kontrak, misalnya kontrak penanaman dengan industri makanan. Saat ini, cabai banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri saus cabai atau cabai bubuk untuk bumbu makanan instan. Biasanya, harga cabai yang dijual ke industri lebih stabil, tanpa memperhitungkan harga jual cabai di pasaran.

  • Sortasi Cabai Sesuai Grade
Teryata, salah satu penyebab turunnya harga jual cabai adalah kualitas cabai yang tidak seragam. Karena itu, sortasi cabai sesuai gradenya perlu dilakukan. Kegiatan ini mudah dilakukan, pisahkan cabai berkualitas baik dari cabai yang cacat atau busuk. Seleksi juga cabai berdasarkan ukuran dan tingkat kematangannya. Dengan demikian, harga jual tidak disamaratakan dengan cabai yang berkualitas rendah.


Demikian artikel Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi semoga bisa bermanfaat, artikel selanjutnya akan membahas resiko berbisnis cabai karena serangan hama, nantikan kelanjutannya.

Ok terima kasih , semoga artikel Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi
ini bisa membantu kamu, dan sebagai tanda terima kasih, bantu sebarkan artikel ini siapa tau artikel Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi ini bisa bermanfaat atau artikel yg dicari temen kamu.

Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi Tips Memperoleh Harga Jual Cabai yang Tinggi Reviewed by 1 on 6:36 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.