Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag,

Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag, - Selamat datang di blog Berbagi Informasi Oya Bagaimana kabar kalian ? Oya dan hari ini saya akan berbagi artikel mengenai Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag,

Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag,

Dalam dunia kesehatan, maag atau gastritis dikenal sebagai penyakit lambung atau dyspepsia. Sebagai organ cerna, lambung berfungsi untuk menyimpan makanan, dan mencerna kembali makanan menjadi partikel yang lebih kecil untuk diteruskan ke duodenum/duodenal.

Maag atau gastritis adalah kumpulan gejala yang dirasakan sebagai nyeri terutama di ulu hati, orang yang terserang penyakit ini biasanya sering mual, muntah, rasa penuh dan rasa tidak nyaman.

Beberapa hal yang berpengaruh pada timbulnya penyakit maag atau gastritis, antara lain :

  •     Pengeluaran asam lambung yang berlebihan
  •     Infeksi helicobacter pylori (sejenis bakteri yang hidup di dalam lambung, dalam jumlah kecil) ketika asam lambung yang dihasilkan lebih banyak kemudian pertahanan dinding lambung menjadi lemah, bakteri ini bisa bertambah banyak jumlahnya, apalagi disertai kebersihan makanan yang kurang.
  •     Gangguan gerakan saluran cerna
  •     Stres psikologis

Maag atau gastritis ada yang sifatnya organik dan fungsional. Namun disarankan agar semua penderita penyakit ini sebaiknya melakukan pemeriksaan tuntas. Pemeriksaan yang paling dipilih untuk melakukan pengecekan adalah dengan endoskopi yaitu memasukkanalat melalui mulut, sehingga bisa melihat kerongkongan, lambung, sampai usus 12 jari secara langsung.

Maag atau gastritis organik misalnya, terjadi pada tukak lambung, tukak usus 12 jari, atau ada tumor, dan polip atau hemangioma. Pada penderita maag atau gastritis fungsional, sebetulnya tidak ada kelainan. Kalaupun ada kelainan hanya gambaran suatu gastrotis/ gambaran radang pada mukosa lambung.

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk maag atau gastritis ini adalah gaya hidup yang dianjurkan untuk mengelola dan mencegah timbulnya gangguan pada lambung antara lain :

  •     Atur pola makan
  •     Olahraga teratur
  •     Hindari makanan berlemak tinggi yang menghambat pengosongan isi lambung (cokelat, keju, dan lain-lain).
  •     Hindari mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas di lambung (kol, kubis, kentang, melon, semangka dan lain-lain)
  •     Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.
  •     Hindari minuman dengan kadar caffein, alkohol, dan kurangi rokok.
  •     Hindari obat yang mengiritasi dinding lambung
  •     Kelola stres psikis seefisien mungkin

Ok terima kasih , semoga artikel Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag,
ini bisa membantu kamu, dan sebagai tanda terima kasih, bantu sebarkan artikel ini siapa tau artikel Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag, ini bisa bermanfaat atau artikel yg dicari temen kamu.

Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag, Maag Atau Gastritis Posted by Penyakit Maag, Reviewed by 1 on 10:44 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.